Perbedaan Game Engine
Game Engine
Game
engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang
dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine
memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat.
Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan
bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh
aspek sebuah game.
Ada banyak mesin
permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem
operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (
“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan
tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming,
manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses
pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali
mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Tipe Tipe Game Engine :
Roll-your-own
game engine Banyak perusahaan game kecil seperti
publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API
seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di
sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source.
Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Biasanya game engine
tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis,
juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam
mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine
mereka sendiri.
Mostly-ready
game engines Engine ini biasanya sudah menyediakan
semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh
GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang
sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting
sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama
jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar.
Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah
sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game
engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya.
Point-and-click
engines Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi,
tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game
sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.
Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game
point-and-click yang kamu banget.
Perbandingan Game Engine :
OGRE
OGRE Singkatan
dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine yang merupakan game engine
fleksibel yang berbasis scene ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih
mudah dipakai oleh para developer untuk memproduksi game dan demo yang
menggunakan hardware 3D. Library kelas menggambarkan semua rincian dari
penggunaan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL yang menyediakan sebuah
antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas intuitif lainnya.
OGRE Singkatan
dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine yang merupakan game engine
fleksibel yang berbasis scene ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih
mudah dipakai oleh para developer untuk memproduksi game dan demo yang
menggunakan hardware 3D. Library kelas menggambarkan semua rincian dari
penggunaan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL yang menyediakan sebuah
antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas intuitif lainnya.
Kelebihan
:
- Sudah mendukung suara, physics, jaringan dan lain sebagainya.
- Bagus dalam rendering. Bisa dilihat dari demo yang ada terlihat tampak hebat.
- Memiliki kecepatan yang baik saat proses render.
- Banyak tool yang dapat dipakai dalam scene.
- Mudah dipakai karena antarmukanya mudah dikenali.
- Punya komunitas yang besar.
Kekurangan:
- Butuh biaya untuk menggunakannya.
- Butuh kartu grafis dengan spesifikasi tinggi agar dapat didukung penuh.
- Hanya sebuah rendering engine jika tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.
Unity
Unity
merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform
yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan
aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan
untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor
game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan
directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti
semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat
beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac,
Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Kelebihan :
- Gratis
- Multiplatform
- Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
- (What-You-See-Is-What-You-Get)
Kekurangan :
- Memori yang digunakan banyak
- Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
- Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based
Komentar
Posting Komentar